Khotbah Kristen hari Minggu "#Meragukan# Dia pergi untuk kembali"

Matius 28 : 16-20. Pendah : Ssy…Tidak hanya dari peristiwa kenaikannya saja orang meragukannya tetapi  memang sudah dari awal kelahiran dan kebangkitannya banyak orang tidak percaya.
Ketika Dia lahir banyak orang tidak percaya, karena fakta sejarah membuktikan bahwa sudah kurang lebih 600 tahun Allah diam, tidak pernah berbicara lagi kepada bangsa Israel memlalui nabiNya APALAGI tahu-tahu muncul kabar berita bahwa di nazaret lahir seorang nabi dan Raja. ( Naaret kampong kecil yang tidak pernah ada nabi yang berasal dari sana).

Ketika dia Bangkit banyak orang juga tidak percaya karena belum ada berita darimapun, kota atau desa bahwa ada orang mati bangkit dari kubur. Maka diberitakanlah bahwa Yesus tidak bangkit tetapi mayatnya dicuri oleh para murid.


Dan yang terakhir yaitu tentang kenaikannya ke sorga, orang yahudi lebih suka dan lebih percaya dengan hal-hal yang bisa di terima akal daripada perkara-perkara yang sifatnya supranatural. Nah menurut sejarah bahwa yang bisa naik ke sorga itu hanya dua orang nabi  Henokh dan Elia, maka kenaikan Yesus yang bukan nabi ke sorga itu berita yang tidak dapat dipertanggungjawabkan secara akal…….PERCAYAKAH SAUDARA BAHWA YESUS BANGKIT DAN NAIL KE SORGA ?
MENGAPA YESUS HARUS MENINGGALKAN KITA DAN NAIK KE SORGA ?

1. MENDEWASAKAN GEREJANYA

Maksudnya adalah agar  gereja tidak menjadi gereja yang cengeng tetapi menjadi gereja yang siap menghadapi tantangan zaman. Gereja yang mengenal kepalanya sendiri yaitu Yesus dan bukan gedungnya saja.

Yesus sebagai kepala dan gereja sebagai tubuhnya
Boleh saja gedung gereja dibangun dengan megah dan indah tetapi ingat gedung itu bukan esensi dan bukan visi kita walaupun gedung itu perlu unutk kita. Gedung tidak dapat membuat kita dewasa secara rohani malah kalau kita salah mengartikan bangunan gedung gereja kita bisa menjadi sombong rohani.” Wah..gerejaku bagus, gerejaku megah...gerjaku yang terbaik”. Seklai lagi kedewasaan gereja dilhat bukan dari gedungnya.

Mari kita lihat ciri-ciri gereja yang dewasa:

Gereja yang dapat menyembah,
artinya gereja adalah tempat Doa dan menyembah.. mengapa kita  sebagai umat harus menyembah karenaumat yang percaya adalah umat yang di tebus, malaikat dan setan tidak ditebus

Gereja yang tidak meragukan ( skeptis ) Injil.
Apakah Injil itu ? Injil adalah Yesus Kristus, Yesus kristus yang telah mati karena dosa-dosa kita sesuai kitab suci, bahwa Ia telah dikuburkan dan Ia telah dibangkitkan pada hari yang ke tiga dan menampakkan diri kepada Petrus, kedua belas Murid, lebih dari 500 saudara, kepada Yakobus dan kepada Paulus.
Cat. Gereja yang meragukan Injil berarti meragukan Yesus Kristus sebagai Tuhan dan kepala gereja.
Ex. Tubuh meragukan kepala
Gereja seperti ini adalah gereja yang seperti Thomas..” sebelu aku mencucukkan jariku ini di tangannya aku tidak akan percaya”.  Ini adalah gereja yang kurang Iman “ melihat dulu baru percaya kalo tidak melihat ya tidak percaya” Yoh 20:29 …berbahgialah orang yang tidak melihat namun percaya.

2. MEMBERDAYAKAN GEREJANYA   19.

Maksudnya adalah agar gereja berusaha memberdayakan dirinya
Kata “ memberdayakan” artinya berdayaupaya.
Mengupayakan Dirinya,
Mengusahakan dirinya,
berusaha dengan sungguh-sungguh.

Memberdayakan di sini bukan berarti saudara di suruh bekerja untuk memperkaya gereja tidak tetapi ikut terlibat dalam pelayanan pemberitaan Injil membangun diri rohani.
Contoh: yang dulunya hanya bisa datang, duduk dan mendengar saja saudara harus memberdayakan diri saudara mau belajar dan ikut terlibat dalam pelayanan.

Jadi gereja harus berusaha dengan sungguh-sungguh/mengupayakan agar dapat melaksanakan amanat agung yaitu pergi memberitakan Injil, membabtis, dan mengajar.
Baca Kis 2: 42….setelah Yesus naik ke sorga inilah yang dilakukan mereka pertmakali “ mereka bertekun, bersekutu dan berkumpul memecahkan Roti/ belajar firman….dan pasal 3, 4 selanjutnya nanti saudara akan melihat bagaimana mereka stefanus dan Petrus memberitakan Injil.
Ingat gereja tanpa pemberitaan Injil tidak ada bedanya dengan Pos Kampling

Aplikasinya : Masih ragukah saudara dengan kenaikan Yesus? sekarang maukah saudara memberdayakan diri ? walaupun Yesus sudah naik ke sorga namun ada Roh Kudus yang selalu menolong kita untuk dapat menopang kita.

3.UNTUK KEMBALI PADA GEREJANYA. 20b

Kabar akan kembalinya Yesus ke dua kali ke bumi malah membuat banyak orang bertanya-tanya dan meragukannya karena sampai sekarang tidak muncul-muncul ?

Bagaimana agar kita tidak meragukan kembalinya Yesus Kristus ke bumi ? Benarkah Yesus akan kembali ? Benar dan Pasti !
Matius 19: 20b Aku akan menyertai kamu sampai akhir zaman, apakah ketika Yesus datang berarti sudah akhir zaman ? Belum!!! ( Lihat peta aman ).
- Yoh 14 : 1-3 “ Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempatku.

Jadi melalui ayat ini menunjukkan bahwa kewarganegaraan kita bukan bumi ini tetapi sorga…maka kumpulkanlah harta di sorga.

Bagaimana kita dapat mengetahui bahwa Yesus kembali ke bumi ?
  • Kis  1:9-1Dia kembali dapat dilihat oleh mata, DIKUATKAN Wahyu 1:7.Setiap mata akan melihat
  • Luk 24:36-43,50-51.. dalam keadaan daging dan tulang
  • Wah 1:7, 14:14..Yesus akan datang kembali dengan awan-awan.
  • Mzr 104:3..Awan-awan sebagai kendaraannya, Mzr 68:17 awan-awan adalah ribuan kereta.
Bersama siapakah Yesus akan datang dan berapa lama di bumi ?
  • Matius 24:31..bersama para malaikatnya
  • Wahyu 8:1…Setengah jam 

Kesimpulan : Keragu-raguanmu tidak dapat menolongmu dan membatalkan kenaikan bahkan  kedatangan-Nya ke dua di bumi maka sudah siapkah kita menyambut-Nya ?

0 Response to "Khotbah Kristen hari Minggu "#Meragukan# Dia pergi untuk kembali" "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel